Anggota DPR RI Fadli Zon meminta agar pemerintah Indonesia segera menunjukkan sikap terbuka terkait Hagia Sophia yang kini difungsikan kembali menjajdi masjid. Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, sikap terbuka Indonesia akan menguntungkan bagi negara.

Hal itu disampaikan oleh Fadlizon melalui akun Twitter miliknya @fadlizon. Fadli menilai Indonesia sebagai negara muslim terbesar sudah seharusnya segera memberikan sikap dan pernyataan mengenai Hagia Sophia.

Terkait dengan polemik ini, sebagai negara muslim terbesar saya menilai Indonesia perlu menyampaikan sikapnya secara terbuka,” kata Fadli Zon seperti dikutip Suara.com, Kamis (16/7/2020).

Menurut Fadli Zon, Indonesia menganut politik luar negeri bebas aktif dan duduk di posisi-posisi yang strategis. Pernyataan Indonesia akan sangat didengarkan oleh negara-negara barat dan organisasi internasional.

Tak hanya itu, pernyataan sikap Indonesia terhadap Hagia Sophia juga akan menguntungkan Indonesia. Fadli Zon meyakini, sikap Indonesia akan memberikan nilai tambah tersendiri.

Akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi profil Indonesia di mata dunia internasional,” ungkap Fadli Zon.

Keputusan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan pengalihfungsian Hagia Sophia dari museum kembali menjadi masjid, kata Fadli, merupakan hak sepenuhnya pemerintah Turki.

Meskipun Hagia Sophia terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia, namun kewenangan penentuan status fungsi dan peruntukannya sepenuhnya berada di tangan Turki sebagai negara berdaulat atas Hagia Sophia.

Oleh karenanya, kecaman dari banyak pihak mengenai perubahan status Hagia Sophia dinilai bukanlah pandangan tepat.

Tindakan yang diambil oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk mengembalikan Hagia Sophia menjadi masjid, sesuai dgn hukum Turki, wajib dihormati oleh semua pihak, termasuk oleh komunitas internasional,” tegasnya.

Untuk diketahui, bangunan yang menjadi ikon Kota Istanbul Turki itu baru-baru ini menjadi sorotan usai keluarnya keputusan Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Jumat (10/7/2020) yang menetapkan secara resmi Hagia Sophia sebagai masjid.

Hagia Sophia dibangun 1.500 tahun yang lalu sebagai katedral Kristen Ortodoks dan diubah menjadi masjid setelah Ottoman menaklukkan Konstantinopel, sekarang Istanbul, pada tahun 1453. Pemerintah Turki sekuler memutuskan pada tahun 1934 untuk menjadikannya museum.

Presiden Erdogan pada hari Jumat (10/7/2020) secara resmi mengubah status bangunan bersejarah tersebut kembali menjadi masjid dan menyatakan terbuka untuk ibadah umat Islam.

Sumber

© Copyright 2015.