Parlemen Korsel Temui Fadli Zon, Bahas Kerja Sama Militer

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menerima delegasi parlemen dari Korea Selatan yang di pimpin oleh Ketua Komisi Ahn Gyu Back. Pertemuan tersebut membahas tentang kelanjutan hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan khususnya dalam bidang pertahanan.

“Mereka menyampaikan beberapa harapan dan keinginan terutama program kerja sama militer antara kedua negara bisa terus berlanjut,” ungkap Fadli Zon di Gedung DPR RI, Jumat (28/12/2018).

Seperti diketahui, Indonesia dan Korea Selatan bekerja sama dalam hal pertahanan militer yaitu pembuatan kapal selam dan jet tempur.

“Ada kendala delay dari kita dalam pembayaran, dan mereka berharap program ini terus berjalan,” terang Fadli.

Keterlambatan pembayaran tersebut menurut Fadli karena kurangnya anggaran dana perencanaan dari pemerintah. Namun, Fadli meyakinkan pihak Korea Selatan tentang dukungannya terhadap program ini, terutama dalam menciptakan postur pertahanan antara kedua belah pihak yang solid dan kuat.

Fadli juga menerangkan bahwa pihak Korea Selatan berharap kerja sama lain antara kedua belah pihak terus berjalan seperti yang sudah berjalan selama ini.

Terlebih adanya orang Indonesia yang juga belajar membuat kapal selam dan jet tempur disana. Sehingga lanjut Fadli Zon hal tersebut menjadi transfer teknologi dan tidak ada ketergantungan dari teknisi Korea Selatan dalam memperbaiki alat tempur di Indonesia.

“Investasi dari Korea sampai saat ini untuk kita saat ini sangat positif untuk menciptakan tenaga kerja baru,” papar Fadli Zon.

Diketahui hingga saat ini masih ada sekitar 40 insinyur Indonesia yang masih tinggal di Korea. Mereka dibina oleh semacam dewan ahli teknologi dari Korea Selatan dalam pembuatan kapal selam dan jet tempur.

Dari pihak Korea Selatan juga sangat senang atas kerja sama yang dilakukan hingga saat ini masih berlangsung. Untuk ke depannya pihaknya berharap hubungan antara kedua pihak bisa ditingkatkan dengan prinsip saling kepercayaan.

“Saya kira anggota delegasi kami bisa mewakili eratnya hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia telah sepakat meningkatkan hubungan menjadi hubungan kemitraan,” ungkap Ahn Gyu Back.

Ahn Gyu Back datang ke Indonesia saat itu juga di dampingi oleh beberapa parlemen di Korea Selatan, khususnya di komisi pertahanan.

 

Sumber

© Copyright 2015.