Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah Sidang Parlemen Eurasia 2020

Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah Sidang Parlemen Eurasia 2020

indonesia-terpilih-jadi-tuan-rumah-sidang-parlemen-eurasia-2020

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah sidang parlemen Eurasia yang kelima tahun 2020 mendatang. Tahun ini The Meeting of Speakers of Eurasian Countries Parliaments (MSEAP) digelar di Nur-Sultan, Kazakhstan.

Fadli Zon yang memimpin delegasi parlemen Indonesia menilai kerja sama antar negara-negara di kawasan Eurasia perlu terus ditingkatkan.

“Perlu ditingkatkan kerja sama yang saling menguntungkan dan saling menghargai antara negara-negara di kawasan ini,” kata Wakil Ketua DPR RI ini dalam pidatonya, Selasa (24/9).

Ini adalah sidang MSEAP yang keempat. Forum yang awalnya diinisiasi oleh parlemen Korea Selatan dan Rusia ini pertama kali menggelar sidang tahun 2016 di Moskow, Rusia. Tahun berikutnya sidang digelar di Seoul, Korea Selatan, dan tahun lalu sidang dihelat di Antalya, Turki.

Rencananya sidang ke-5 akan digelar di Bali pertengahan tahun depan.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan anggota MSEAP, dan Indonesia berharap agar MSEAP bisa menjadi platform kerjasama parlemen di kawasan Eurasia,” kata Fadli.

Dalam sidang MSEAP kali ini Fadli Zon didampingi oleh lima orang anggota DPR, yaitu Evita Nursanty (PDIP), Achmad Farial (PPP), Wiryanti Sukamdani (PDIP), Putu Supadma Rudana (Demokrat), dan Nurhayati Ali Assegaf (Demokrat). Sidang MSEAP ke-4 ini diikuti oleh delegasi dari 65 negara serta 13 organisasi internasional.

Di sela-sela sidang, delegasi Indonesia sempat melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi dari sejumlah negara.

Di antaranya dengan Askar Shakirov (Wakil Ketua Parlemen Kazakhstan), Heesan Moon (Ketua Parlemen Korea Selatan), Masood Pezeshkian (Wakil Ketua Parlemen Iran), Mustafa Sentop (Ketua Parlemen Turki), dan pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Qatar.

 

Sumber