Gerindra Wajibkan Calegnya Gotong-royong Iuran Hadapi Pemilu 2014

Gerindra Wajibkan Calegnya Gotong-royong Iuran Hadapi Pemilu 2014

Gerindra No 6 1

Gerindra akan menerapkan sistem gotong-royong dalam pengumpulan dana kampanye menghadapi Pemilu 2014. Sehingga nantinya dana tersebut tidak ditanggung oleh satu orang yang bisa menyetir para caleg saat terpilih nanti.

“Kalau satu orang tanggung semua caleg, demokrasi apa itu?” ujar Wakil Ketua Partai Gerindra, Fadli Zon usai diskusi bertema Parpol: Dari, Oleh dan Untuk Si (apa)? di Gedung Megawati Institute, Jalan Proklamasi no 53, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2013).

Ia mengatakan, jika dana ditalangi oleh satu orang, yang akan terjadi adalah balas budi. Sebab menurutnya yang bersangkutan akan menjadi anak buah pemilik dana.

“Tapi kalau orang itu sudah bergotong royong, dia punya saham juga untuk pemenangan itu. Untuk pemenangan dirinya juga,” tuturnya.

Sehingga, menurut Fadli, caleg tersebut tidak mudah disetir. “Juga tidak dibajak oleh pemilik modal,” tambahnya.

Fadli juga mengatakan rencana tersebut akan direalisasikan dalam Pileg 2014 ini. Namun besarnya dana yang akan dikeluarkan belum diketahui.

“Dananya lagi dihitung per dapil. Per dapil kan bisa beda-beda,” ujarnya.

Selain itu, kata Fadli, tidak menutup kemungkinan adanya subsidi silang. Sebab tidak semua caleg memiliki finansial yang cukup.

“Kalau orang yang potensial tapi tidak ada finance yang kuat, tapi dia ada social capital yang kuat, ya kita pertimbangkan subsidi silang,” pungkasnya.