Fadli-Zon-di-Makan-Nikolai-Gogol

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyempatkan diri berziarah ke makam para sastrawan besar Rusia di sela agenda menghadiri forum internasional pengembangan parlemen dari berbagai negara, yang digelar di di World Trade Center (WTC), Moskow, Rusia, 1-3 Juli 2019.

Acara Second International Forum “Development of Parliamentarism” yang berlangsung atas inisiatif negara Durma Majelis Federal Federasi Rusia ini dihadiri delegasi dari 132 negara dengan 800 anggota parlemen.

Melalui Twitter, Fadli mengunggah beberapa foto dokumentasi ziarah makam sastrawan Rusia.

Dalam caption beberapa foto ziarah Fadli tersebut ditulis:

1. Ziarah ke makam sastrawan besar Rusia, Nikolai Gogol (1809-1852) di Novodevichy, Moskow, Rusia.

Nikolai Vasilevich Gogol (lahir di Sorochyntsi, Kekaisaran Rusia, 1 April 1809 – meninggal di Moscow, Kekaisaran Rusia, 4 Maret 1852 pada umur 42 tahun) adalah seorang sastrawan Rusia kelahiran Ukraina. Meskipun banyak dari karyanya dipengaruhi oleh latar belakang dan pendidikannya pada masa kecil di Ukraina, ia menulis dalam bahasa Rusia dan karya-karyanya tergolong dalam sastra Rusia. Barangkali karyanya yang paling terkenal adalah Jiwa-jiwa Mati, yang dipandang oleh banyak orang sebagai novel modern Rusia yang pertama.

2. Ziarah ke makam sastrawan Rusia, Anton Chekov (1860-1904) di Moskow.

Anton Pavlovich Chekov lahir di kota pelabuhan kecil Taganrog, Rusia Selatan 29 Januari 1860. Terlahir dari keluarga kelas menengah, sempat menikmati pendidikan memadai. Namun karena kebangkrutan bisnis ayahnya, mereka hidup dalam kemiskinan, sampai-sampai Chekov menghidupi diri dengan tulisan-tulisan di media massa.

Pada masa itu tulisan-tulisan Chekov terbit di media-media humor populer, baru pada 1880an terbit cerpen-cerpennya yang lebih menunjukan kreativitas dan rasa seninya, ditandai dengan terbitnya kumpulan cerpen “Pusparagam Cerita”. Pada saat itulah muncul karya-karyanya yang kemudian menjadi legendaris, seperti Ruang Inap No.6, Manusia Dalam Kotak, Wanita Dengan Anjing, dan Riwayat yang Membosankan. Anton Chekov adalah raja cerpen Rusia yang banyak menginspirasi cerpenis2 yang muncul kemudian. Ciri khas cerpen-cerpen Chekov adalah cerita yang merakyat, kehidupan orang yang “nyata” serta kritik sosial-kemasyarakatan yang kental, di zaman Komunis yang korup dan semena-mena. Chekov meninggal pada 2 Juli 1904.

3. Di makam penyair Vladimir Mayakovsky (1893-1930).

Vladimir Vladimirovich Mayakovsky adalah anak bungsu dari keluarga Ukraina. Lahir di Baghdati, pada tanggal 19 Juli 1893. Ketika ayahnya meninggal pada tahun 1906, keluarganya pindah ke Moskow, di sana Mayakovsky bergabung dengan Partai Buruh Demokratik Sosial. Karena situasi keuangan keluarganya, Mayakovsky berhenti dari sekolah. Dia bahkan mendekam dalam penjara selama dua tahun disebabkan karena kegiatan-kegiatan politiknya.

Puisi awal Mayakovsky menjadikannya sebagai salah satu penyair yang disebut Russian Futurism, sebuah gerakan yang ditandai dengan penolakan terhadap unsur-unsur tradisional yang mendukung eksperimen formal, dan menyambut perubahan sosial yang dijanjikan oleh teknologi. Berikut ini salah satu puisi Mayakovsky:

Lewat Jam Satu

Lewat jam satu. Kau mestinya sudah tidur
Bima sakti berpijar perak lintas langit
Tak tergesa aku; dengan telegram-telegram menghalilintar
Tak sealasan ku bangunkan atau ganggumu
Dan seperti mereka bilang, perkara ditutup
Perahu cinta hantam urusan sehari-hari
Kini kau dan aku habis. Lantas buat apa resah
Genapkan kesedihan-kesedihan, perih-pedih, dan luka-luka
Lihatlah, khidmat semayami dunia
Malam membungkus langit dengan tabik bintang-bintang
Pada jam-jam kayak gini, mulai menyebut
Umur, riwayat, dan semua karya

Puisi “Lewat Jam Satu” ditemukan di antara kertas-kertas Mayakovsky setelah ia bunuh diri pada 14 April 1930. Puisi ini ia tulis di bagian tengah selembar kertas dengan sedikit coretan, seperti catatan epilog bunuh dirinya. Pemerintah Soviet menyatakan Vladimir Mayakovsky bunuh diri disebabkan putus hubungan dengan aktris Veronika Polonskaya.

4. Ziarah ke penulis Rusia Mikhail Bulgakov (1891-1940). Penulis “Master n Margarita”.

Mikhail Bulgakov adalah seorang penulis cerita pendek, novel, dan drama yang terkenal dengan karya-karyanya yang bernuansa satir. Dia lahir di Kiev. Sebelum memilih menjadi seorang penulis ia awalnya berprofesi sebagai dokter. Karya awal Bulgakov yang penting adalah novel “The White Guard”, yang dimuat berseri di sebuah jurnal sastra tahun 1925, namun tak pernah dipublikasikan dalam bentuk buku. Dia menulis ulang novel ini dalam bentuk naskah drama berjudul The Days of the Turbins, yang dipentaskan tahun 1926, dan mendapat sambutan meriah namun pada akhirnya dilarang oleh rezim komunis.

Pada tahun 1925 dia menerbitkan Diaboliad (yang juga dilarang) dan menulis Heart of a Dog, yang baru diterbitkan di Uni Soviet tahun 1987, lebih dari 60 tahun sejak novel ini rampung ditulis. Nasib sama menimpa penerbitan novel yang kelak dianggap puncak pencapaian Bulgakov, “The Master and Margarita”. Dia mulai menulisnya tahun 1928, namun manuskrip pertama novel itu dia bakar sendiri tahun 1930 sebab merasa pesimis mengenai masa depannya sebagai penulis di tengah kondisi represi yang dilakukan oleh negara. Setahun kemudian dia menulis ulang novel itu dan kerangka umumnya berhasil dirampungkan tahun 1936. Sampai menjelang kematiannya tahun 1940, dia terus menerus merevisi naskah itu, dan akhirnya diterbitkan untuk pertama kali tahun 1966.

Novel ini “The Master and Margarita” telah menginspirasi sejumlah dramawan, sineas, dan musisi. Beberapa lagu karya musisi dunia yang terinspirasi dari novel ini antara lain 1) The Rolling Stones – Sympathy for the Devil, 2) Franz Ferdinand – Love and Destroy, 3) Pearl Jam – Pilate, dan 4) Patti Smith – Banga.

 

Sumber

© Copyright 2015.