DPR Harap Dukungan Polandia Soal Bebas Visa Schengen

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengupayakan peningkatan akses Indonesia ke Uni Eropa dalam kunjungan ke Polandia.

Fadli Zon menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama delegasi Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Polandia dan Duta Besar RI untuk Polandia, Senin (20/11/2017).

Dalam pertemuan tersebut, Fadli Zon sudah berencana melobi senat Polandia melalui peluang kerja sama demi meningkatkan akses Indonesia ke Uni Eropa.

Satu bentuk kerja sama yang ingin diusung adalah mendorong pembukaan penerbangan langsung antara ibu kota Indonesia dan Polandia.

“Saya beserta delegasi DPR RI akan melobi senat untuk mendorong pembukaan penerbangan langsung Jakarta-Warsawa,” jelas Fadli Zon, Minggu (19/11/2017).

“Dan melanjukan pembahasan code sharing untuk merealisasikan pembukaan jalur penerbangan langsung Warsawa-Jakarta,” lanjutnya.

Menurut Fadli, memperkuat kerja sama bilateral Indonesia-Polandia sangat penting untuk mendapat dukungan Polandia terhadap produk ekspor Indonesia.

Itu semua agar produk ekspor Indonesia mendapatkan akses pasar yang lebih luas di Uni Eropa.

Tak hanya melalui pembukaan jalur penerbangan langsung, Fadli Zon juga akan mendiskusikan peluang-peluang kerja sama di bidang lain, seperti pertanian.

“Rapat dengar pendapat kunjungan Muhibah DPR RI ke Polandia ingin mengetahui lebih dalam strategi Pemerintah Polandia dalam meningkatkan sektor pertanian,” ucap Fadli lagi.

Fadli Zon mengatakan, sudah ada nota kesepahaman kerja sama di bidang tersebut yang terbentuk dan tinggal direalisasikan.

Duta Besar RI untuk Polandia, Peter F Gontha, mengakui bahwa tidak ada isu politik yang menonjol dalam hubungan Indonesia-Polandia.

Namun diharapkan agar DPR bisa mendekati senat Polandia untuk memperluas akses Indonesia ke Uni Eropa, termasuk lewat peluang kerja sama di bidang pariwisata, dan perdagangan.

 

Sumber

© Copyright 2015.