akurat_20180416100634_NLp1g1

Sepanjang hari Minggu kemarin, Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Fadli Zon mengunjungi beberapa tokoh di Jawa Tengah.

Melalui akun Twitter, Fadli Zon bercerita salah satu tokoh yang dikunjungi adalah Rahayu Supanggah. Rahayu seorang seniman karawitan Kaliber Indonesia. Dia pernah menyusun musik tradisional Jawa dan telah menciptakan lebih dari 100 buah karya, dikenal sebagian besar untuk perannya dalam kerjasama internasional, salah satunya “Realizing Rama.”

“Beliau juga menciptakan gending, melakukan rekaman karawitan yang digunakan untuk iringan-iringan beberapa film. Salah satu karya terkenalnya dibidang perfilman adalah Setan Jawa,” tulis Fadli Zon.

Dalam kunjungan itu, Rahayu memberi Fadli Zon hadiah berupa buku berjudul The Rich Styles of Interpretation in Javanese Gamelan Music.

Di sana, Fadli Zon juga berkesempatan melihat permainan gamelan Rahayu.

Seniman lain yang dikunjungi Fadli Zon adalah Waljinah yang tinggal di Mangkuyudan, Solo. Waljinah seorang maestro keroncong (penyanyi musik legendaris Indonesia).

Waldjinah seorang ratu keroncong dan empu seni suara keroncong. Banyak penghargaan yang diberikan kepada Waljinah atas dedikasi dan kontribusinya dalam pengembangan khasanah musik Indonesia, khususnya seni musik keroncong.

Atas kunjungan ini, Fadli Zon berharap ke depannya musik Keroncong bisa menjadi bagian dari warisan budaya dunia UNESCO.

“Beliau juga membentuk group musik Orkes Keroncong Bintang Surakarta. Sangat apresiatif apa yang telah dilakukan Ibu Waljinah untuk melestarikan dan mempopulerkan musik keroncong.”

Waljinah mendapat banyak penghargaan, di antaranya: Penyanyi Langgam-Keroncong Legendaris, Empu Seni-Suara Keroncong. Penyanyi Langgam Jawa Legendaris adalah sebagian penghargaan-penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI, Kementerian RI dan MURI.

Di sela-sela kunjungan, Fadli Zon bersilahturahmi dengan warga Polokarta, Kabupaten Sukoharjo.

“Saya juga mengunjungi pengrajin topeng bapak Narimo di Desa Jati Sobo, Polokarta, Sukoharjo,” tulis Fadli Zon.

Sebagai bentuk ekspresi paling tua yang diciptakan manusia, topeng adalah salah satu karya seni tinggi. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimiliki, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng.

Pada malam harinya, Fadli Zon menutup kunjungan di Surakarta dengan hadir dalam acara Fahri Hamzah yaitu Ngopi Bareng Fahri @Fahr1Voice di Wedangan Omah Kayu.

 

Sumber

 

 

 

© Copyright 2015.