Fadli Zon: Deklarasi Capres Prabowo Momentum Tepat di 2013

Fadli Zon: Deklarasi Capres Prabowo Momentum Tepat di 2013


Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan deklarasi pencapresan Prabowo Subianto suatu kepastian. Namun mencari waktu yang tepat di tahun 2013.

“Saya kira masalah deklarasi itu nanti kita akan mencari momentum yang tepat di tahun 2013. Saat ini masih terlalu pagi,” kata Fadli kepada detikcom, Senin (1/10/2012).

Menurut Fadli, dorongan di tingkat bawah memang deklarasi pencapresan Prabowo dilakukan Oktober ini. Namun karena fokus partai sedang menghadapi verifikasi parpol, maka deklarasi pencapresan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini pun belum bisa direalisasikan.

“Saat ini adalah masa untuk melakukan konsolidasi apalagi dengan adanya verifikasi parpol oleh KPU. Saya rasa verifikasi KPU lebih penting. Deklarasi penting, tapi pada prinsipnya kami utamakan skala prioritas, kita masih punya banyak waktu,” katanya.

Lalu kapan momentum deklarasi Prabowo tiba? “Nanti setelah verifikasi parpol dan konsolidasi internal selesai, saya kira itu tahun 2013 nanti,”tegasnya.

Memang diakui saat ini internal Gerindra terus memantau popularitas Prabowo. Saat dirasa cukup aman, mungkin deklarasi bisa dilakukan. “Internal kita survei setiap 3 bulan, trennya selalu naik, tapi survei itu hanya satu indikator saja,” ungkap Fadli.

Sebelumnya diberitakan penundaan deklarasi pencapresan Prabowo Subianto memancing sejumlah spekulasi politik. Sejumlah kalangan melihat Prabowo mulai ragu-ragu dan fokus melakukan konsolidasi terlebih dahulu. Gerindra sendiri melihat ada upaya parpol besar menjegal pencapresan Prabowo dengan menolak revisi UU Pilpres.

Sejumlah pengamat malah menghubungkan penundaan deklarasi pencapresan Prabowo terkait pelantikan Joko Widodo (Jokowi) menjadi Gubernur DKI. Prabowo disebut menunda deklarasi karena takut berebut popularitas dengan Jokowi.