Blog

Buku Perjalanan Maestro Biola Idris Sardi

  • Date:
  • Category: Buku


Pemain biola senior Tanah Air, Idris Sardi, meluncurkan buku biografi tentang karirnya di dunia musik. Buku yang ditulis oleh politisi-budayawan Fadli Zon berjudul Idris Sardi, Perjalanan Maestro Biola Indonesia. Diluncurkan di Hotel Kartika Chandra Jakarta, tadi malam.

Buku ini akan dilengkapi dengan dengan CD musik perjalanan biolis kelahiran Jakarta 74 tahun silam itu. Idris Sardi mengenal biola sejak umur enam tahun. Pada umur sepuluh tahun ia sudah mendapat sambutan hangat pada pemunculannya yang pertama di Yogyakarta tahun 1949. Saat itu, ia dijuluki sebagai anak ajaib untuk biola di Indonesia, karena di usia muda sekali sudah lincah bermain biola klasik seperti Mozart.

Pada 1952 Sekolah Musik Indonesia (SMIND) dibuka, dengan persyaratan menerima lulusan SMP atau yang sederajat. Pada tahun 1952, Idris Sardi baru berusia 14 tahun, sehingga ia belum lulus SMP, namun karena permainannya yang luar biasa ia bisa diterima sebagai siswa SMIND tersebut.

Pada orkes slswa SMIND pimpinan Nicolai Varvolomejeff, tahun 1952 Idris yang masih memakai celana pendek dalam seharian duduk sebagai concert master pada usia 14 tahun. Saat itu, rata-rata siswa SMIND berusia di atas 16 tahun.